Sabtu, 02 Desember 2017

Cara Membuat Jump Link Mudah di Postingan Artikel Blog

Halo blogger, ketemu lagi dengan saya. Admin paling ganteng dan paling tampan bila sendirian, hehehe.



Oke, pada postingan kali ini, saya akan membagikan sebuah trik alias cara nih untuk membuat jump link alias link yang bisa mengarahkan kita langsung ke inti pembahasan pada postingan. Pasti pernah dong melihat jump link di web - web atau blog populer, contohnya wikipedia. Untuk lebih lengkapnya silakan baca penjelasannya di bawah ini.

membuat-jump-link


Daftar Isi:


  1. Apa itu jump link ?
  2. Apa fungsi jump link pada postingan ?
  3. Manfaat menggunakan jump link pada postingan
  4. Bagaimana cara membuat jump link pada postingan blog ?






Jump link berasal dari dua akar kata yakni jump dan link. Jump sendiri berasal dari bahasa ingris, bila kita artikan kedalam bahasa indonesia jump bakal berarti loncat, lompat, loncatan, dan lompatan.



Sedangkan Link sendiri adalah sebuah istilah yang sering di gunakan dalam dunia coding dan perbloggingan. Link merupakan istilah untuk tulisan yang bisa diklik dan bila diklik akan mengarah kehalaman yang berbeda. Istilah lain dari link adalah anchorteks, artinya juga sama seperti link.



Disini dapat saya simpulkan bahwa jump link adalah sebuah tulisan bila diklik akan meloncat ke poin penjelasan yang sesuai. Cobtohnya (Klik ini maka akan mengarah keatas).





Bila kita lihat dari pengertian jump link sendiri yang berarti tulisan atau anchorteks bila diklik akan meloncat atau melompat langsung ke poin pembahasan, biasanya masih dalam satu halaman. Jadi, fungsi jump link adalah untuk mengarahkan langsung kepoin pembahasan yang sudah ditandai sebelumnya yang terdapat pada postingan.



Selain itu fungsi jump link juga bisa kita gunakan untuk mempercantik postingan yang akan di buat. Dan juga bisa kita gunakan untuk membuat tombol back-to-top (kembali keatas).





Penggunaan jump link pada postingan sangat bermanfaat. Khususnya untuk anda yang suka membuat postingan panjang. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu pengunjung agar mudah menemukan poin - poin penting yang belum mereka ketahui.





Anda ingin bukan untuk menyertakan fitur ini kedalam postingan blog anda? Entah itu di blogspot atau blogger, wordpress, blogdetik,nextwapblog,blogponsel,dll. Maka dari itu simak caranya di bawah ini.



Untuk membuat link jump silakan tulis dulu kode html di bawah ini di dalam postingan blog anda:



<a href='#poinyangdituju'>Judul poinnya</a>



Sedangkan untuk menandai poin tersebut agar bisa terhubung dengan link jump silakan tulis kode HTML di bawah ini:



<div id='poinyangdituju'>Judul poinnya</div>



Contoh pemakaiannya silakan simak caranya di bawah ini:



Daftar Isi:

1. <a href='#apaitublog'>Apa itu blog?</a>

2. Pembahasan 1

3. Pembahasan 2

<div id='apaitublog'>Apa itu blog?</div>

Ini penjelasan tentang blog dari berbagai sumber terpercaya. Definisi blog yang jarang diketahui orang. Serta pengertian blog menurut penulis.



Maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

Daftar Isi:

1. Apa itu blog?

2. Pembahasan 1

3. Pembahasan 2



Apa itu blog?


Ini penjelasan tentang blog dari berbagai sumber terpercaya. Definisi blog yang jarang diketahui orang. Serta pengertian blog menurut penulis.



Catatan: untuk link jump link pada href='#poinyangdituju' harus sama dengan id='poinyangdituju'. Maksud saya poinyangdituju itu antara huruf besar dan kecilnya serta tulisannya harus sama kedua - duanya agar menjadi jump link yang benar dan berfungsi dengan baik.

Artikel Terkait

Sederhana, itu pasti. Dengan kata - kata maupun perbuatan. Terus tersenyum dan berkarya.

This Is The Oldest Page

Bila Ada Kritik, Saran Ataupun Pertanyaan Silakan Berkomentar Di Kolom Komentar
EmoticonEmoticon